Tuesday, March 17

Hari Libur Mu (Your Very Own Holiday)

Hari libur mu sendiri adalah hari ulang tahun mu. Hari dimana kamu dilahirkan biasanya sangat istimewa untuk mu dan keluarga mu. Kamu mungkin merayakan hari mu ini dengan sebuah cake ulang tahun, atau bisa jadi dengan sebuah pesta dan...... mendapat hadiah.
Selama ribuan tahun, orang-orang diseluas dunia telah berpikir bahwa Ulang tahun adalah hari yang sangat istimewa. Dulu orang-orang percaya bahwa di hari ulang tahun seseorang dapat ditolong oleh roh yang baik atau disakiti oleh roh yang jahat. Oleh karena itu sewaktu seseorang berulang tahun, teman dan sanak keluarga nya berkumpul untuk melindungi yang berulang tahun. Hal itulah yang menjadi awal dari sebuah perayaan ulang tahun.
Gagasan untuk menaruh lilin di cake ulang tahun berasal dari orang-orang Yunani purba. Orang-orang Yunani menyembah banyak dewa-dewa dan dewi-dewi. Diantara mereka ada yang disebut Artemis (AHR tuh mihs).
Athemis adalah dewi bulan. Orang-orang Yunani merayakan ulang tahun dewi bulan tersebut sebulan sekali dengan membawa special cake ke kuil nya. Cake tersebut berbentuk bulat layak nya sebuah bulan. Dan.... karena bulan itu bercahaya dan bersinar maka cake didekorasi dengan nyala lilin. Itulah asal mula hari ulang tahun yang berasal dari penyembahan kepada dewi bulan Artemis.
Tidak setiap perayaan adalah perayaan hari kelahiran. Beberapa orang merayakan hari bagi nama mereka. Maksud nya, di dalam agama tertentu anak-anak diberi nama seperti Santo-santo atau orang yang dianggap suci. Masing-masing Santo punya hari istimewa disebut dengan "the saint's feast day". Orang-orang yang bernama sama seperti santo biasanya merayakan "the saint's feast day"- hari bagi nama mereka- lebih dari pada hari kelahiran mereka sendiri. (World Book-Childcraft)

No comments: